Rabu, 18 September 2013

Artikel Lesson Study

IMPLEMENTASI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR SAINS LANJUTAN


Faizah M.Nur
Muthmainnah
Sarah Fazilla
Program Studi Pendidikan Dasar
Universitas Almuslim

Abstrak
Artikel ini bertujuan  mengkaji  dan memantau implementasi lesson study dalam mata kuliah Konsep Dasar Sains lanjutan yang terfokus untuk melihat kualitas proses pembelajaran yang dilaksanakan dosen selama ini dan permasalahan yang dihadapi oleh dosen dalam usaha meningkatkan profesionalisme dosen sebagai tenaga pendidik serta diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang disampaikan oleh dosen. Lesson study adalah suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran kolaboratif dan berkelanjutan untuk membangun komunitas belajar.  


Tahapan pelaksanaan Lesson study  terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam 4 siklus dengan materi gelombang, cepat rambat gelombang, alat optik dan lensa. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa terdapat berbagai permasalahan yang dapat mengurangi minat belajar mahasiswa, diantaranya kurangnya pendekatan yang dilakukan dosen dalam mengontrol siswa ketika diskusi berlangsung dan kurangnya penggunaan media dan sumber belajar yang terkait dengan materi. Berdasarkan hasil refleksi dari siklus 1 sampai siklus 3, terlihat bahwa minat belajar mahasiswa pada siklus 4 menjadi lebih baik, dimana antusias mahasiswa dalam menyampaikan pendapat lebih baik dan aktif serta lebih disiplin dan saling menghargai saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil pelaksanaan kegiatan ini membuktikan bahwa pelaksanaan lesson study dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan dosen. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat terus dilakukan secara berkesinambungan guna meningkatkan profesionalisme dosen dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik.

Kata kunci : Implementasi, Pemahaman, lesson study


Tidak ada komentar:

Posting Komentar