IMPLEMENTASI
LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PGSD PADA
MATA KULIAH KONSEP DASAR SAINS LANJUTAN
Faizah M.Nur
Muthmainnah
Sarah Fazilla
Program Studi
Pendidikan Dasar
Universitas
Almuslim
Abstrak
Artikel ini
bertujuan mengkaji dan memantau implementasi lesson study dalam
mata kuliah Konsep Dasar Sains lanjutan yang terfokus untuk melihat kualitas
proses pembelajaran yang dilaksanakan dosen selama ini dan permasalahan yang
dihadapi oleh dosen dalam usaha meningkatkan profesionalisme dosen sebagai
tenaga pendidik serta diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa
terhadap materi yang disampaikan oleh dosen. Lesson study adalah suatu
model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran kolaboratif
dan berkelanjutan untuk membangun komunitas belajar.
Tahapan pelaksanaan Lesson study terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam 4 siklus dengan materi gelombang, cepat rambat gelombang, alat optik dan lensa. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa terdapat berbagai permasalahan yang dapat mengurangi minat belajar mahasiswa, diantaranya kurangnya pendekatan yang dilakukan dosen dalam mengontrol siswa ketika diskusi berlangsung dan kurangnya penggunaan media dan sumber belajar yang terkait dengan materi. Berdasarkan hasil refleksi dari siklus 1 sampai siklus 3, terlihat bahwa minat belajar mahasiswa pada siklus 4 menjadi lebih baik, dimana antusias mahasiswa dalam menyampaikan pendapat lebih baik dan aktif serta lebih disiplin dan saling menghargai saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil pelaksanaan kegiatan ini membuktikan bahwa pelaksanaan lesson study dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan dosen. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat terus dilakukan secara berkesinambungan guna meningkatkan profesionalisme dosen dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik.
Tahapan pelaksanaan Lesson study terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam 4 siklus dengan materi gelombang, cepat rambat gelombang, alat optik dan lensa. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa terdapat berbagai permasalahan yang dapat mengurangi minat belajar mahasiswa, diantaranya kurangnya pendekatan yang dilakukan dosen dalam mengontrol siswa ketika diskusi berlangsung dan kurangnya penggunaan media dan sumber belajar yang terkait dengan materi. Berdasarkan hasil refleksi dari siklus 1 sampai siklus 3, terlihat bahwa minat belajar mahasiswa pada siklus 4 menjadi lebih baik, dimana antusias mahasiswa dalam menyampaikan pendapat lebih baik dan aktif serta lebih disiplin dan saling menghargai saat proses pembelajaran berlangsung. Hasil pelaksanaan kegiatan ini membuktikan bahwa pelaksanaan lesson study dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan dosen. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat terus dilakukan secara berkesinambungan guna meningkatkan profesionalisme dosen dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik.
Kata kunci : Implementasi, Pemahaman, lesson study
Tidak ada komentar:
Posting Komentar